Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat arang aktif barangkali masih belum banyak diketahui. Padahal, bahan satu ini punyai fungsi yang terlampau baik untuk kesegaran dan kecantikan. Arang aktif kerap kali dijadikan obat untuk menangani berbagai keluhan kesehatan.

Arang aktif atau activated charcoal bukanlah arang yang biasa digunakan untuk memunculkan bara api. Arang aktif ini merupakan bubuk hitam halus yang terbuat dari arang tulang, batok kelapa, gambut, dan sebagainya. Arang aktif ini dipanaskan di dalam suhu yang terlampau tinggi, agar punyai banyak variasi fungsi untuk kesegaran dan kecantikan arang tempurung kelapa .

Manfaat arang aktif untuk kesegaran dan kecantikan bisa menjadi solusi berbagai masalah. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Namun, sebaiknya anda berkonsultasi dulu bersama dokter selagi menggunakannya agar aman dan tidak menyebabkan dampak samping.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/11/2020) tentang fungsi arang aktif untuk kesegaran dan kecantikan.

Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagai Penawar Racun

Salah satu fungsi arang aktif yang paling utama yaitu sebagai penawar racun. Pada umumnya, arang aktif digunakan secara aman di tempat tinggal sakit untuk menangani overdosis obat maupun keracunan. Arang aktif bekerja menyerap senyawa kimiawi yang tidak harusnya di di dalam tubuh, dan wajib diberikan di dalam rentang selagi 1 jam sehabis seseorang mengalami keracunan best briquettes for smoking .

Namun, tidak seluruh model keracunan bisa diatasi bersama arang aktif. Beberapa keracunan layaknya keracunan alkohol, sianida, litium wajib diberikan penanganan spesifik di tempat tinggal sakit.

Mencerahkan Kulit

Mungkin anda udah tidak asing ulang melihat produk kosmetik yang berbahan dasar charcoal. Hal ini disebabkan gara-gara fungsi arang aktif sesungguhnya juga baik untuk kecantikan.

Cara bekerja arang aktif adalah bersama menyerap “racun” pada kulit yang berasal dari polusi hawa sekitar. Racun pada kulit ini bisa menyebabkan pori-pori muka membesar dan jerawat. Dengan memanfaatkan produk berbahan dasar arang aktif, layaknya masker atau sabun wajah, bisa menunjang membersihkan kulit sampai ke di dalam pori-pori.

Tapi anda wajib berhati-hati gara-gara tidak seluruh kulit sesuai bersama arang aktif. Jika keluar iritasi atau kemerahan, segeralah hentikan penggunaan dan hubungi dokter spesialis kulit.

Mengoptimalkan Fungsi Ginjal

Pada orang sehat, ginjal bisa menyaring darah tanpa bantuan apa pun. Sedangkan pada orang bersama gagal ginjal kronis, ginjalnya susah untuk menyaring senyawa yang tidak dipakai ulang oleh tubuh. Arang aktif diyakini bisa menunjang kerja ginjal di dalam menyaring “racun” dan senyawa lain yang tidak diperlukan.

Mencegah Penuaan Dini

Arang aktif dipercaya bisa menghambat rusaknya sel pada organ tubuh manusia gara-gara kemampuannya di dalam menyerap “racun”. Kerusakan sel disebabkan oleh adanya radikal bebas yang bisa Anda temui di lingkungan bebas, layaknya asap kendaraan, paparan sinar matahari, dan sebagainya.

Namun, Anda wajib paham bahwa penuaan dini juga bisa dicegah bersama pola hidup sehat layaknya rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

Leave a Comment